DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN

SEKOLAH LAPANG GUNA MENINGKATKAN PENGANEKARAGAMAN OLAHAN PANGAN LOKAL

Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang telah melaksanakan Kegiatan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian pada Sub Kegitan Pembentukan dan Penyelenggaraan Sekolah Lapang Kelompok Tani Tingkat Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan Sekolah Lapang bertempat di Desa Tarumanegara Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Koordinator Penyuluh dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Ciegulis, Narasumber, serta peserta kegiatan sekolah lapang yaitu Kelompok Wanita Tani Simpony (30/5/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Kabupaten Pandeglang Maskah mengatakan bahwa kegiatan sekolah lapang olahan pangan lokal ini bertujuan untuk meningkatkan penganekaragaman konsumsi pangan yang berbasis sumber daya pangan lokal.

Pada kegiatan sekolah lapang ini terdapat Narasumber Itoh yang memberikan materi mengenai penganekaragaman olahan pangan lokal yang terbuat dari ubi ungu dan pisang. Selain materi yang diberikan, pada kegiatan sekolah lapang ini Kelompok Wanita Tani Simpony juga diberikan kesempatan untuk langsung melakukan praktek dalam pengolahan pangan lokal yang dikreasikan sebagai menu kekinian.

Dari kegiatan tersebut, pangan lokal ubi ungu dikreasikan  menjadi makanan kekinian berupa nastar ubi ungu dan brulee ubi ungu. Selain ubi ungu, dalam kegiatan sekolah lapang ini Kelompok Wanita Tani Simpony juga mengkreasikan pangan lokal pisang menjadi makanan kekinian berupa banana churros dan bolen pisang.

Harapannya dengan diadakannya kegiatan sekolah lapang ini dapat mendukung pemberdayaan masyarakat/kelompok dalam memanfaatkan pangan lokal dan meningkatkan konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *